Tips Laris Jual Barang Bekas Secara Online

Siapa sangka kini barang bekas menjadi 'primadona' baru di ranah online ? Sebut saja situs OLX, bukalapak, bekas dan lain-lain, pasti barang-barang yang dipajang sebagian besar adalah barang bekas.

Tips Laris Jual Barang Bekas Secara Online

Ini menunjukkan, munculnya trend jual beli barang bekas semakin tinggi. Dengan demikian, peluang bisnis online jual beli barang bekas ini juga besar. Jika Anda sekarang memerlukan referensi untuk memulai bisnis jual beli barang bekas secara online, simak beberapa tips berikut.

Tips laris jual barang bekas online

Pastikan dulu kondisi barangnya

Ada beberapa macam barang bekas. Ada yang masih layak pakai meski dalam kondisi rusak, ada pula yang masih bagus namun dalam kondisi tidak bisa dipakai, dan barang bekas yang memang sudah rusak fisik dan permormanya. Bahkan ada yang like new atau seperti baru dengan kondisi yang masih baik pemakaiannya.

Hal terpenting adalah kejujuran dalam menawarkan barang-barang ini. Jika memang ada cacat, sampaikan apa adanya. Calon pembeli pasti akan menimang-nimang dan memikirkan sendiri sebelum ia mulai menawar barang tersebut.

Ambil gambar apa adanya

Fotolah barang-barang yang akan dijual. Buat semenarik dan sedeil mungkin. Anda harus adil dalam menawarkannya. Jangan hanya memperlihatkan sisi bagusnya saja, tetapi sisi cacatnya tidak diambil gambarnya. Semua sisi diambil agar calon pembeli puas dengan tampilan antar muka.

Gunakan patokan harga wajar

Tidak mungkin barang bekas harganya lebih tinggi dari harga barunya. Tentu semua harus mempertimbangkan sisi kekurangan barang bekas tersebut. Kira-kira berapa persen minusnya, lalu perkirakan dengan harga penawaran yang menarik.

Patokan harga ini tidak berlaku bagi barang bekas yang tergolong barang antik. Biasanya harganya justru jauh lebih tinggi dari harga aslinya.

Promosikan ke sosial media

Percuma kita lelah memajang foto barang bekas yang ingin dijual bila tidak ada usaha untuk menawarkannya. Artinya, jika hanya mengandalkan situs jual beli online saja tidaklah cukup.

Lewat iklan di sosmed, barang bekas yang kita jual bahkan bisa menjadi viral atau mengular karena ada teman, saudara atau kolega yang ikut share postingan iklan itu.

Layani calon pembeli seramah mungkin

Jika sudah memajang barang dagangan lewat online, maka mau tidak mau harus menyempatkan diri merespon tiap penawaran yang masuk, meski di tengah kesibukan lainnya.

Rata-rata calon pembeli akan merasa puas dengan fast respon dari si penjual. Mereka merasa diperhatikan dan lebih mudah untuk menyatakan nominal penawaran yang sebenarnya telah kita tunggu-tunggu.

Demikian tips berjualan barang bekas secara online yang harus Anda lakukan agar sukses meraup untung lebih besar. Semoga bermanfaat.

2 comments