Petunjuk Memulai Usaha Tanpa Modal dengan Sukses

Bagi kebanyakan orang, modal adalah hal wajib yang harus dimiliki guna memulai sebuah bisnis. Tidaklah salah pemikiran seperti itu. Namun, bukankah manusia diciptakan Tuhan memiliki akal, rasa dan karsa guna mengelola apa saja ciptaan Tuhan di bumi.

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Dengan demikian, meski hanya dengan anggota badan dan pikiran yang ada di kepala, manusia bisa merubah hidupnya. Tentu pula bisa membuat sesuatu yang dapat menghasilkan bagi dirinya. Seperti membuat sebuah usaha dan bisnis.

Bahkan bila kita merenung sejenak, manusia sejak dilahirkan sudah menjadi seorang pengusaha. Pandai melobi ibunya meraih tetek, merengek-rengek untuk makan, berak dan sebagainya. Maka menjadi seorang pengusaha sukses bagi seorang manusia hanya menunggu waktu saja.

Aktifitas yang meski diperjuangkan adalah bagaimana mengasah kembali kemampua berbisnis yang dimiliki sejak bayi itu. Maka, setelah kita memahami potensi yang kita miliki itu, kini mulailah membangun bisnis tanpa harus keluar modal atau paling tidak membuat anggaran yang melimpah guna memulai sebuah usaha.

Tips membangun usaha tanpa modal


Tawarkan Jasa

Usaha yang terkait dengan jasa kebanyakan tidak memerlukan banyak modal. Lebih kepada kemampuan dan keterampilan diri. Menawarkan kemampuan yang kita miliki kepada orang lain yang sedang membutuhkan.

Cukup mudah memahami pekerjaan jenis ini. Anda hanya memerlukan survey kecil guna memokuskan diri, layanan apakah yang banyak digemari di tengah masyarakat. Lalu petakan kebutuhan itu dengan kemampuan yang dimiliki.

Syukur-syukur kebutuhan jasa yang dibutuhkan sudah sesuai dengan kemampuan diri. Tinggal menawarkan langsung ke calon konsumen. Namun apabila kebutuhan jasa yang banyak digemari tidak sesuai dengan kemampuan diri, Anda bisa meluangkan waktu kursus kilat. Atau jika memang masih kesulitan dengan anggaran, Anda bisa mengalihkan ke kebutuhan jasa lainnya yang sesuai dengan kemampuan.

Ciptakan sebuah produk

Menciptakan sesuatu memang membutuhkan budget tertentu dalam pembuatannya, namun ternyata, produk hasil karya kita sendiri ini dapat dijual dengan harga yang jauh lebih besar dibanding ongkos pembuatan.

Anda bebas memilih produk apapun yang ingin Anda buat. Untuk segi pemasarannya, Anda dapat mencoba menjual di beberapa website online seperti Ebay dan semacamnya.

Beberapa produsen memilih untuk menjual produknya di beberapa platform yang berbeda untuk menarik massa lebih banyak. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus terus memperbaharui produk Anda di semua website tempat Anda menaruh barang.

Menjual kembali

Jika membuat sebuah produk baru merupakan hal yang sulit Anda lakukan, cobalah untuk menjual barang-barang yang sudah ada. Banyak pengusaha yang mampu tumbuh sukses hanya dengan memperjualbelikan barang-barang yang sudah dibuat sebelumnya.

Hal ini dapat Anda coba lakukan dengan berbagai cara seperti mengadakan membuka toko jual beli online.

Start now and get succes faster than before you're thinking.

2 comments